Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gaji PRT Taiwan Tertinggi di Dunia, Setelah Hongkong

Gaji Tenaga Kerja Indonesia / TKI Taiwan, dibandingkan tenaga kerja migran dari negara lain, merupakan yang tertinggi nomor dua di dunia dengan upah minimum sebesar 17.000 dolar Taiwan atau setara Rp 8.742.809. Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Tenaga Kerja, Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei, Devriel Sogia, saat berkunjung ke Taiwan dalam rangka penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Global Workers Organization (GWO).


Gaji TKI Taiwan (PRT): 17000 NT$ *

Gaji PRT Taiwan Tertinggi di Dunia, Gaji TKI Taiwan, Gaji TKI Hongkong
* Catatan: nilai tukar uang mengikuti pergerakan harga dollar


Gaji TKI Hongkong (PRT): 4630 HK$ *

Gaji PRT Taiwan Tertinggi di Dunia, Gaji TKI Taiwan, Gaji TKI Hongkong
* Catatan: nilai tukar uang mengikuti pergerakan harga dollar

"Gaji tenaga kerja Indonesia sejak tahun 1997 hanya 15.840 dolar Taiwan (sekitar Rp 6.443.830), dan baru naik menjadi 17.000 dolar Taiwan sejak tahun 2015," kata Devriel Sogia.

https://www.pjtkiresmi.com/2016/04/gaji-tki-tkw-prt-taiwan-tertinggi-di.html

Devriel yang berasal dari Kementerian Tenaga Kerja itu mengatakan, upah minimum tersebut berhasil dinaikan setelah KDEI bersama beberapa kantor perwakilan negara-negara Asia lain bertemu beberapa waktu lalu untuk merundingkan hal tersebut dan mengajukannya ke pihak Taiwan.

Davriel menjelaskan, tenaga kerja Indonesia yang saat ini berjumlah 238.000 orang di Taiwan dikenal sebagai pekerja yang sangat disukai oleh penggunanya di pulau Formosa tersebut.

Info Terkait


"Pekerja Indonesia dikenal setia, tekun dan tidak macam-macam karena buat mereka yang penting gaji dibayarkan tepat waktu, dan users (pengguna) di Taiwan tahu itu," kata Davriel.

Pada kesempatan tersebut Devriel juga mengimbau kepada para agen pengerah tenaga kerja Indonesia di tanah air untuk terus menyiapkan calon tenaga kerja yang akan dikirim ke luar negeri dengan berbagai keterampilan sesuai dengan kebutuhan di negara penempatan.

"Yang penting dipersiapkan juga adalah mental mereka agar tidak mengalami cultural shock (keterkejutan budaya dan kebiasaan) di negara penempatan," Davriel menambahkan.

Davriel lebih lanjut mengatakan bahwa pihaknya kini terus mendatangkan ustadz-ustadz dari tanah air untuk memberi pencerahan dan bimbingan mental bagi tenaga kerja Indonesia di Taiwan.

Gaji TKI TKW Taiwan 2019 2020 Sektor Pabrik dan Rumah Tangga, Gaji TKI TKW Taiwan Tahun 2019 2020,