Tabungan TKI Mandiri, BNI, BCA, Simpedes Britama BRI

Menyimpan dan menabung di bank adalah salah satu pilihan agar uang kita terjamin keamanannya, penarikannya mudah, dan mendapatkan bunga atau bagi hasil. Ada beberapa fasilitas bank yang dimaksudkan untuk membantu penyimpanan uang nasabah sekaligus sebagai sarana kelancaran bertransaksi, salah satunya adalah tabungan.

Menurut Undang-undang No. 10 Tahun 1998 Tentang Perbankan, Tabungan adalah simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan menurut syarat tertentu yang disepakati, tetapi tidak dapat ditarik dengan cek, bilyet giro, dan atau alat lainnya yang disamakan dengan itu.

Pembukaan Rekening Tabungan TKI Mandiri, BRI, BNI, BCA

Jadi dapat disimpulkan, kalau tabungan merupakan simpanan uang yang bisa dilakukan secara perorangan atau instansi sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan setiap bank.

Simpanan uang ini bisa ditarik kapan saja, terutama bagi bank yang telah memiliki sarana ATM untuk penarikan uang secara mandiri. Tabungan bisa dijadikan sarana menyisihkan kekayaan atau pendapatan seseorang, sekaligus bisa menunjang berbagai transaksi bisnis dan keuangan.


Syarat Tabungan TKI Bank Mandiri

Pemerintah telah menunjuk Bank Mandiri sebagai bank penyelenggara layanan perbankan untuk para TKI (Tenaga Kerja Indonesia). Produk tabungan khusus untuk para TKI yang ingin menabung yaitu disebut dengan Mandiri Tabungan TKI.
Pembukaan Rekening Tabungan TKI Mandiri, BRI, BNI, BCA
Mandiri Tabungan TKI merupakan sebuah tabungan yang diperuntukan khusus para TKI dengan jenis tabungan dalam mata uang rupiah (IDR). Untuk membuka tabungan TKI ini nasabah harus memenuhi syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh Bank Mandiri. Produk Mandiri Tabungan TKI ini dapat dimanfaatkan oleh TKI dan keluarganya di Indonesia dengan mudah, murah dan nyaman.

Bank Mandiri menjamin keamanan uang yang anda simpan di Tabungan Mandiri TKI, hanya nasabah yang bersangkutan yang dapat mengakses data tabungan dengan diberikan PIN Khusus setiap transaksi. Nasabah berhak mendapatkan kesempatan memenangkan hadiah istimewa, karena bank mandiri mengikut sertakan rekening dalam program Mandiri Fiesta. Nasabah akan dibebaskan biaya administrasi bulanan pada tahun pertama, selanjutnya biaya administrasi bulanan hanya Rp. 2.500,- per bulan.

Untuk membuka tabungan mandiri TKI nasabah cukup memberikan setoran awal Rp 10.000,-, begitu pun setoran selanjutnya dapat dilakukan dengan nominal minimal Rp 10.000,- juga.


Persyaratan Membuat Rekening Mandiri

  • Fotokopi eKTP yang masih berlaku dengan memperlihatkan eKTP asli,
  • Memiliki Surat Keterangan Asli dari Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS) atau Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI Resmi),
  • Setoran awal & saldo minimal hanya Rp. 10.000,-.
  • Pembukaan rekening 1 (satu) orang TKI maksimal 2 (dua) rekening yaitu: 1 (satu) rekening atas nama TKI & 1 (satu) rekening untuk keluarga TKI.


Terkait Tabungan TKI




Keunggulan Tabungan TKI Mandiri

  1. Setoran Pertama Rp 10 ribu,
  2. Mendapatkan Remittance Card (Remittance Card adalah kartu khusus untuk menyetor tunai kiriman uang termasuk biaya kiriman uang untuk transfer ke luar negeri),
  3. Diikutsertakan dalam Program Undian Mandiri Fiesta,
  4. Biaya Administrasi: Tahun pertama gratis, tahun kedua Rp 2.500 /bulan
  5. Biaya di Bawah Saldo Minimum: Tidak ada
  6. Biaya Pelunasan Dipercepat: Tidak ada
  7. Biaya Penutupan Rekening: Tidak ada
  8. Biaya Penarikan Sebelum Jatuh Tempo: Tidak ada biaya
  9. Biaya Lain-Lain: Tidak ada biaya


Tabungan TKI BRI

Tabungan Simpedes TKI adalah salah satu produk Bank BRI yang khusus diperuntukkan bagi TKI, dengan rekomendasi Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja lndonesia Swasta (PPTKIS) / PJTKI Resmi yang menaungi TKI tersebut.


Pembukaan Rekening Tabungan TKI Mandiri, BRI, BNI, BCA


Persyaratan Membuat Tabungan Simpedes TKI

  1. Kunjungi kantor cabang BRI terdekat.
  2. Ambil nomor antrean untuk mendapatkan layanan dari customer service (CS) Bank BRI
  3. Siapkan kelengkapan dokumen & uang yang cukup untuk setoran pertama membuka rekening tabungan Simpedes TKI.
  4. Isi formulir dan serahkan semua dokumen yang telah Anda siapkan.
  5. Setelah semua selesai, CS akan mencetakan buku tabungan dan kartu ATM tabungan Simpedes TKI Anda.
  6. Anda akan diminta untuk melakukan setoran awal dibagian teller.
  7. Setelah uang yang disetorkan masuk ke dalam saldo tabungan Simpedes TKI Anda, artinya, rekening Simpedes TKI BRI Anda sudah jadi & siap digunakan dalam keperluan perbankan.


Rincian Biaya Pembuatan Tabungan TKI BRI, yaitu:

  • Rp 6.000,- (Materai),
  • Rp 25.000,- (Buku Tabungan & ATM),
  • Rp 50.000,- (Setoran Awal).

Biaya - biaya:
  • Setoran Pertama Rp 50 ribu
  • Tidak ada batasan waktu untuk rekening dormant
  • Gratis biaya admin
  • Biaya Administrasi: Tidak ada
  • Biaya di Bawah Saldo Minimum: Tidak ada
  • Biaya Pelunasan Dipercepat: Tidak ada
  • Biaya Penutupan Rekening: Tidak ada
  • Biaya Penarikan Sebelum Jatuh Tempo: Tidak ada biaya
  • Biaya Lain-Lain: Tidak ada biaya


Tabungan TKI BNI

Jika Anda akan berada di luar negeri untuk jangka waktu yang lama, baik untuk bekerja ataupun bersekolah, maka Anda akan perlu untuk memiliki rekening Bank yang bisa diandalkan untuk bertransaksi, baik itu mengirim maupun menerima kiriman uang dari Indonesia. Jika Anda belum memiliki rekening tapi menghendaki untuk membuka rekening pada saat di luar negeri, berikut adalah persyaratan pembukaan rekening di luar negeri.

Pembukaan Rekening Tabungan TKI Mandiri, BRI, BNI, BCA

Persyaratan Membuat Rekening Tabungan TKI BNI di Luar Negeri, :

  1. Paspor Anda (Asli dan Foto Copy)
  2. Surat Ijin Mengemudi (SIM Indonesia / International SIM)
  3. ID Anda (KTP)
  4. Kartu Pelajar (Khusus Mahasiswa)
  5. Rekening Koran KK (Kartu Kredit)
  6. Rekening Telepon* (Non Seluler)
  7. Rekening Listrik*
  8. Rekening Air*
  9. Surat perjanjian sewa menyewa Apartement/ijin tinggal.
*) Rekening Listrik, Telefon & Air: sesuai tempat tinggal di luar negeri

Namun demikian disarankan kepada Tenaga Kerja Indonesia (TKI) untuk sudah mempersiapkan rekening sebelum berangkat bekerja di luar negeri, karena pembukaan rekening di luar negeri memiliki proses dan persyaratan yang lebih rumit jika dibandingkan dengan pembukaan rekening di Indonesia. Selain itu Bank lokal Indonesia tidak bisa membuka rekening perorangan melalui cabangnya di luar negeri.

Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) & Bank BNI telah menandatangani Perjanjian Kerjasama untuk Penerbitan Kartu Pekerja Indonesia (KPI), Penggunaan Layanan Cash Management, & Pemberian Fasilitas Kredit kepada Tenaga Kerja Indonesia.

Kartu Pekerja Indonesia (KPI) merupakan kartu identitas untuk Tenaga Kerja Indonesia yang berbasis Kartu Debit atau yang biasa disebut dengan Kartu ATM. KPI memiliki banyak manfaat, yaitu memudahkan para pekerja Indonesia di Luar Negeri dalam mengakses informasi terkait ketenagakerjaan serta menjadi kartu perlindungan bagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Kartu yang sama juga berfungsi sebagai kartu ATM (anjungan tunai mandiri) karena diterbitkan sebagai kartu Co-Branding Berbasis Kartu Debit BNI. Sehingga pemegang Kartu Pekerja Indonesia (KPI) ini mendapatkan kemudahan bertransaksi perbankan dengan ATM BNI maupun bank lain di dalam dan luar negeri, bertransaksi dengan SMS Banking dan mobile banking, transaksi belanja di mesin electronic data capture (EDC), serta sarana kiriman uang ke Indonesia dengan biaya yang lebih murah.


Tabungan TKI BCA

Tahapan BCA adalah produk Tabungan BCA yang dilengkapi Paspor BCA yang bisa difungsikan sebagai kartu ATM, Debit, dan Tarik Tunai. Tahapan BCA akan mempermudah setiap transaksi perbankan mulai dari menarik, menyetor dan mentransfer dana, membayar berbagai tagihan kartu kredit, listrik, telepon, koran  hingga sebagai alat pembayaran barang serta jasa.


Tabungan TKI Bank Mandiri, BRI, BNI, BCA


3 Pilihan Paspor BCA yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan:

  1. Paspor BCA Blue
  2. Paspor BCA Gold
  3. Paspor BCA Platinum

Fire Cash BCA (Layanan kirim uang dari luar negeri untuk penerima di Indonesia)

Keluarga Anda sedang memerlukan dana mendesak, sementara Anda di luar negeri? Jangan khawatir. Layanan kiriman uang dari luar negeri untuk penerima di Indonesia bisa ditujukan ke rekening BCA atau dibayarkan tunai dengan menggunakan Fire Cash BCA.

Fasilitas Fire (Financial Institution Remittance), merupakan layanan pengiriman uang on-line berbasis web yang memanfaatkan jaringan bank koresponden BCA. Bagi penerima dana yang tidak memiliki rekening BCA, dapat menggunakan layanan ini dalam bentuk tunai di setiap kantor cabang BCA di seluruh Indonesia.

Kelebihan Fire Cash BCA:

  • Dengan Fire Cash, tak perlu lagi repot dalam mengirim uang.
  • Menggunakan aplikasi berbasis Internet sehingga pengiriman dapat diterima dalam sekejap.
  • Pencairan Fire Cash baik di setiap cabang BCA, seluruh Kantor Pos dan Mitra Fire Cash tidak pernah dipungut bayaran.
  • Proses pencairan yang mudah. Cukup mengisi formulir, mencantumkan PIN, dan menunjukkan KTP/Paspor yang masih berlaku.
  • Tingkat keamanan tinggi dan menggunakan PIN.
  • Tersedia di 300.000 outlet pengiriman mitra Fire

Untuk membantu layanan kiriman uang dari TKI, BCA menempatkan personil pemasaran di kawasan Asia Pasifik dan Timur Tengah, melalui kerjasama dengan 300.000 outlet bank koresponden.
  1. Arab Saudi, hubungi nomor +966 50 152 0651, +966 53 298 7625
  2. UAE, hubungi nomor +971 501 858 389, +971 501 82 9912
  3. Qatar, hubungi nomor +974 7030 0251
  4. Malaysia, hubungi nomor +601 6422 6051, +601 6415 6051, +601 6414 6051, +601 6445 6051
  5. Hongkong, Customer Service Hotline, +852 3653 5888, +852 3653 5777
  6. Indonesia, +62 21 1500888 (jika Anda dari luar negeri), 1500888 (jika Anda dari dalam negeri), setelah Anda menekan nomor Halo BCA tersebut, lanjutkan secara urut dengan menekan angka 1 - Layanan dalam Bahasa Indonesia, menekan 1 - Layanan Perbankan BCA, menekan 3 - Layanan Fire Cash BCA.
Salah satu layanan transaksi pencairan kiriman uang tunai dari luar negeri yang dimiliki Bank BCA ini telah menjadi layanan yang tepat bagi para TKI dan keluarga. Layanan ini melayani pencairan uang tunai dari negara-negara mitra BCA, seperti Arab Saudi, Brunei Darussalam, Hongkong, Jordan, Kuwait, Malaysia, Oman, Qatar, Singapore, UAE, Bahrain dan USA. 

Yang perlu Anda lakukan untuk mencairkan dana hanyalah menunjukkan PIN Fire Cash dari pengirim, serta identitas diri ke kantor cabang BCA terdekat di tanah air dan pencairan bisa diterima secara tunai atau langsung masuk ke rekening BCA Anda saat berada di luar negeri.

Terima kasih sudah mampir dan membaca Tabungan TKI Mandiri, BNI, BCA, Simpedes & Britama BRI. SHARE INFO INI, agar teman-teman Anda juga mengetahuinya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel