Ciri Penyalur Tenaga Kerja Bodong Berikut Perbedaan TKI Legal & ilegal / Tidak Resmi

Banyak orang ingin memperoleh upah kerja yang tinggi, tapi seringnya menempuh jalan instan dengan menabrak prosedur penerimaan tenaga kerja baku yang berlaku. Niscaya bukan rezeki yang didapatkan, tetapi malapetaka siap menghadang. Simak saja contohnya, bagaimana nasib beberapa Tenaga Kerja Indonesia / TKI ilegal yang bekerja di Malaysia & Arab Saudi. TKI ilegal tidak hanya ditangkap, diperas uangnya, bahkan juga terancam hukuman berat tanpa mendapatkan bantuan dan perlindungan hukum sebagaimana mestinya.

Ciri Penyalur Tenaga Kerja Bodong Berikut Perbedaan TKI Legal & ilegal / Tidak Resmi

Kenapa sih para calon TKI / Tenaga Kerja Indonesia ini nekat mengambil jalur ilegal / tidak resmi, dibanding jalur resmi dan prosedural. Salah satu alasan yang sering muncul adalah birokrasi yang rumit, yang menjadikan TKI legal bisa jadi sangat mahal dan rumit.


Pengertian TKI, TKL, dan TKW

  • TKI atau Tenaga Kerja Indonesia adalah tenaga kerja dari Indonesia baik pria atau wanita yang bekerja di luar negeri.
  • TKL / Tenaga Kerja Laki-laki adalah Tenaga Kerja Indonesia yang berjenis kelamin laki-laki.
  • Sedangkan TKW / Tenaga Kerja Wanita adalah Tenaga Kerja Indonesia yang hanya berjenis kelamin perempuan saja. Selengkapnya mengenai istilah-istilah TKI bisa dibaca disini.


Pendaftaran TKI Resmi Online: 

  • Klik DAFTAR TKI atau
  • Hubungi: 085 Dua Tiga Dua 666 Tujuh 25


Perbedaan TKI Legal dan Ilegal

Apa yang dimaksud TKI ilegal? TKI ilegal adalah TKI yang melakukan pemalsuan dokumen, mulai dari dokumen kesehatan hingga dokumen lain yang menjadi syarat menjadi TKI serta bentuk penyimpangan lainnya. Perbedaan TKI ilegal dan legal adalah TKI ilegal tidak memiliki perlindungan hukum dan sebaliknya TKI legal memiliki perlindungan hukum karena sudah melakukan sesuai prosedur yang berlaku di Indonesia. Beberapa dampak negatif menjadi TKI ilegal:
  • Tidak adanya jaminan keamanan dan keselamatan kerja 
  • TKI ilegal diperlakukan secara tidak manusiawi 
  • TKI ilegal menerima gaji sangat rendah dan bahkan ada yang tidak dibayar 
  • Selalu was-was karena sewaktu-waktu bisa ditangkap oleh aparat negara setempat 
  • Tidak memiliki jaminan asuransi pada saat sakit, kecelakaan, dan kematian 
  • PJTKI ilegal / orang yang menjanjikan bisa sewaktu-waktu mengambil dan membawa kabur gaji TKI ilegal

Ciri Penyalur Tenaga Kerja Bodong Berikut Perbedaan TKI Legal & ilegal / Tidak Resmi


Persyaratan Yang Harus Dipenuhi Agar Terdaftar Menjadi TKI Resmi, antara lain: 

  1. Dikirim melalui agen resmi TKI penyalur tenaga kerja Indonesia yang membantunya proses ID disnaker, membuat paspor, dan visa,
  2. Memperoleh surat keterangan kesehatan dari Rumah Sakit yang ditunjuk pemerintah, 
  3. Memiliki keterampilan dan kemampuan bahasa asing hasil pendidikan & pelatihan TKI selama di BLK Perusahaan Penyalur TKI tersebut, 
  4. Membayar asuransi TKI & kewajiban-kewajiban lainnya.

Namun masalah mulai muncul saat agen penyalur TKI mengontrol hampir seluruh proses awal, mulai dari penerimaan TKI, paspor TKI dan aplikasi visa, pelatihan bahasa TKI selama di BLK, transit, dan penempatan TKI. Banyak TKI yang baru pertama kali ke luar negeri, direkrut makelar TKI yang datang ke desanya, dengan janji upah tertentu, pilihan pekerjaan yang banyak, dan menawarkan bantuan kemudahan proses. Hati-hati!!
                                                                       
Rendahnya pendidikan calon TKI mengakibatkan mereka mudah ditipu. Mereka tidak memahami aturan dan persyaratan untuk bekerja di luar negeri. Identitas palsu menjadi hal yang lumrah. Banyak calon TKI berusia terlalu muda, namun demi kelancaran proses, usia calon TKI tersebut di dokumen dipalsukan. Pemalsuan dokumen TKI tidak hanya di faktor usia, tetapi juga nama dan alamat calon TKI tersebut. Dari sinilah persoalan mulai muncul.

Ciri Penyalur Tenaga Kerja Bodong Berikut Perbedaan TKI Legal & ilegal / Tidak Resmi


Cara Mengenali Agen Perusahaan Penyalur Tenaga Kerja ilegal yang Membahayakan & Mempersulit Calon TKI

  • Hubungi kantor Disnaker di kota kabupaten Anda, di kantor disnaker tersebut masyarakat akan mendapatkan penjelasan secara detail tentang tata cara dan syarat menjadi seorang TKI / PMI.
  • Jangan mudah terpengaruh penyalur tenaga kerja ilegal / bodong / tidak resmi. Penyalur bodong / makelar TKI biasanya kerap mendatangi rumah-rumah warga untuk menarik perhatian dan memberikan iming-iming menggiurkan agar masyarakat mau menjadi TKI melalui perusahaan mereka. “Biasanya datang door to door, mengajak agar mau menjadi TKI,”
  • Nama-nama agen penyalur tenaga kerja TKI Resmi ke luar negeri sudah terdaftar di kementerian Tenaga Kerja dan ada di Kantor Disnaker (Dinas Tenaga Kerja) masing-masing kota kabupaten. Sehingga masyarakat diminta melakukan kroscek terlebih dahulu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel