Tips, Persyaratan, dan Cara Bekerja di Korea Agar Bisa Diterima

Bagi Anda yang sudah niat agar bisa bekerja ke negara artis-artis KPOP, baca dulu tips dan cara bekerja di Korea berikut ini, tentunya agar Anda bisa gampang diterima dan cepat dapat kerja disana:

1.Pelajari Bahasa Korea Mulai Saat Ini

Ketika Anda akan melamar pekerjaan ke Korea, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah pengetahuan Anda terhadap bahasa Korea. Biasanya persyaratan yang tercantum adalah minimal mengetahui kosakata bahasa Korea minimal 2000 kata.

Tips, Persyaratan, dan Cara Bekerja di Korea Agar Bisa Diterima

2. Rajin Mencari Lowongan Kerja

Korea Selatan adalah negara yang ramah, dan membuka kesempatan untuk para warga negara asing yang ingin memiliki karir disana. Jadi jika Anda memang sudah mantap ingin memiliki pengalaman kerja disana, rajin-rajinlah mencari informasi lowongan kerjanya di website-website resmi dari perusahaan yang Anda inginkan.

3. Cari Lowongan Kerja yang Sedang Hits dan Trendding di Korea Selatan

Jika sedang in, artinya di Korea sedang membutuhkan banyak tenaga kerja. Biasanya lowongan kerja yang paling banyak membutuhkan tenaga kerja adalah bidang manufaktur, otomotif dan broadcasting. Jadi Anda yang punya skill di salah satu bidang tersebut siap-siap bikin daftar riwayat hidup / CV yang bagus untuk dikirim.

4. Punya Informasi tentang Gaya Hidup di Korea Selatan

Perusahaan di negara manapun biasanya tidak mau mengambil risiko dengan menerima orang yang tidak memiliki pengetahuan apapun mengenai negaranya, mulai dari gaya hidupnya sampai biaya hidup yang akan dihabiskan karena setiap negara memiliki sistem dan budaya yang berbeda-beda.

Karena itu jika Anda berhasil masuk ke tahap wawancara, selain pertanyaan mengenai pengetahuan tentang perusahaan yang dilamar, pengetahuan Anda tentang negara mereka pun akan ditanyakan. Jadi siap-siap banyak belajar tentang Korea Selatan yah.

5. Memiliki Persyaratan yang Dibutuhkan

Siap kerja artinya Anda siap untuk pergi kapan saja saat dipanggil. Tentu akan sangat merepotkan jika mempersiapkan segalanya hanya saat Anda sudah fix diterima kerja saja. Kelalaian seperti ini tentu akan mempengaruhi cara pandang perusahaan terhadap karakter Anda.

Jadi jika Anda memang mau kerja keluar negeri yah Anda harus sudah siap dengan dokumen-dokumen yang dibutuhkan agar saat perusahaan bertanya kapan Anda siap bekerja, Anda bisa dengan percaya diri menjawab secepatnya.

6. Mempersiapkan Mental dan Fisik dengan Baik

Saat Anda berhasil bekerja ke luar negeri maka Anda juga harus siap dengan gaya hidupnya dan cuaca disana. Tidak seperti Indonesia yang merupakan negara tropis, Korea Selatan memiliki 4 musim dan 2 diantaranya bisa dikatakan cukup ekstrim untuk Anda yang belum pernah berkunjung ke negara-negara dengan 4 musim. Untuk itu agar Anda tidak mudah sakit saat membiasakan diri di negara Korea Selatan, jaga kesehatan fisik serta mental Anda dengan baik.

Baca Petunjuk Pengisian Lamaran Online G to G Korea


Tips, Persyaratan, dan Cara Bekerja di Korea Agar Bisa Diterima

Banyak sekali orang Indonesia yang ingin merantau ke negara Korea, terutama karena pendapatan (gaji) yang lebih tinggi dibanding menjadi TKI di beberapa negara lainnya, apalagi jika dibandingkan dengan upah karyawan di dalam negeri, jauh!!

Persyaratan utama dan umum untuk bisa bekerja di korea, syarat-syarat tersebut meliputi:

  1. Usia minimal 18 tahun dan maksimal 36 tahun saat mendaftar.
  2. Pendidikan minimal SLTP atau sederajat, diutamakan SMK atau SMA.
  3. Tidak buta warna
  4. Tidak cacat jari atau amputasi
  5. Tidak sedang dicekal bepergian ke Luar Negeri.
  6. Belum pernah dihukum penjara atau hukuman yang lebih berat.
  7. Tidak memiliki catatan deportasi atau keberangkatan dari Pemerintah dari Republik Korea.
  8. Tidak memiliki riwayat penyakit Tubercholosis (TBC), Hepatitis dan Shypilis.
  9. Memiliki alamat email pribadi yang masih aktif.
  10. Memiliki nomor rekening tabungan pribadi, (contoh, Tabungan Bank BRI Simpedes TKI, Rekening Bank BCA, Rekening Bank BNI, Rekening Bank Mandiri). Adapun manfaatnya untuk mempermudah transaksi di dalam negeri dan luar negeri, meliputi proses pendaftaran, Pre Eliminary Education, dan asuransi. Selain itu dengan setoran awal Rp. 10.000 dan tenggat waktu tabungan pasif lebih dari 180 hari.


Jika Anda merasa memenuhi kualifikasi di atas, silahkan boleh mencoba melamar kerja ke Korea. Setelah itu tentu saja Anda masih harus melewati serangkaian test dan ujian untuk mengumpulkan poin (nilai). Rekrutmen pekerja yang akan ditempatkan di Korsel biasanya menggunakan sistem poin. Ujiannya meliputi ujian membaca, ujian mendengar, test ketrampilan, test ketahanan fisik dan wawancara.

Pelamar kerja di Korea (CTKI Korea) bisa memperoleh tambahan poin jika memiliki:

  • Pengalaman Kerja 1 tahun / lebih dibidang pekerjaan yang akan dilamar.
  • Sertifikat Pelatihan Kejuruan disektor pekerjaan yang akan dilamar, dengan lama pelatihan 120 jam atau lebih.
  • Sertifikat Nasional atau Sertifikat Kompetensi yang dikeluarkan oleh LSP/BNSP, dan atau Sertifikat Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang diterbitkan oleh Direktorat Bina Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Kementerian Tenaga Kerja dan atau lembaga yang diberikan mandat untuk itu.

Jika Anda ingin melamar kerja di Korea sebaiknya melalui jalur BNP2TKI (Badan Nasional Perlindungan dan Penempatan Tenaga Kerja Indonesia) pada program Go 2 Go (G2G), yang merupakan jalur resmi milik pemerintah.

Cara melamar kerja di Korea lewat jalur BNP2TKI adalah dengan mendaftar online di website BNP2TKI program g2g (baca petunjuknya disini) dengan catatan memang sedang ada lowongan kerja di Korea, namun jika belum tersedia lowongan kerja koreanya ya Anda sabar dulu. Karena penerimaan kerja di Korea tidak setiap saat ada. Dalam setahun biasanya sekali / dua kali.

Tips, Persyaratan, dan Cara Bekerja di Korea Agar Bisa Diterima

Inilah situs pendaftaran lowongan kerja korea tersebut:

http://www.g2g.bnp2tki.go.id

Silakan Upload data Anda & Persyaratan Dokumen yang dibutuhkan:
  • Scan KTP yang masih aktif.
  • Scan paspor yang masih berlaku minimal 1 tahun (jika ada).
  • Scan pasfoto terbaru berukuran 3.5 x 4.5 cm dengan latar belakang putih (terlihat dahi, telinga, diambil dalam jangka waktu 3 bulan terakhir).
  • Scan Ijasah asli pendidikan terakhir.
  • Scan buku tabungan atas nama pendaftar pribadi.

Setelah melakukan pra pendaftaran online di situs BNP2TKI, masih ada tahap lanjutan yang harus di lalui pelamar sebelum benar-benar diterbangkan ke Korea, contohnya seperti membayar biaya pendaftaran, mengikuti ujian, test ketrampilan, wawancara dan lain-lain. Ikuti saja petunjuk yang diberikan dalam situs BNP2TKI.

Demikianlah persyaratan umum menjadi TKI (Tenaga Kerja Indonesia) ke Korea Selatan. Informasi Tips, Persyaratan, dan Cara Bekerja di Korea Agar Bisa Diterima, ini sekadar gambaran umum saja, jadi kami juga belum bisa menjelaskan secara rinci, karena teknis rekrutmen akan selalu berkembang disetiap tahunnya, (misalnya tempat ujian dan jadwal ujian), juga tergantung sektor pekerjaan yang ditawarkan.

Referensi
  • www.cermati.com
  • www.bnp2tki.go.id
  • www.voaindonesia.com
Tips, Persyaratan, dan Cara Bekerja di Korea Agar Bisa Diterima

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel