Qatar & Fakta-fakta Positif Negaranya


Qatar adalah negara Arab kecil yang terletak di Asia Barat Daya. Negara ini adalah bagian dari wilayah yang dikenal sebagai Timur Tengah. Qatar terletak di Semenanjung Arab, di pantai Teluk Persia. Negara ini berbatasan darat dengan Arab Saudi. Negara pulau, Bahrain, terletak di barat laut.

Bahasa Arab adalah bahasa resmi negara Qatar. Bahasa Inggris juga digunakan, terutama dalam bisnis. Sebagian besar penduduk Qatar adalah orang-orang Muslim. Islam adalah agama resmi negara ini. Di Qatar, pendidikan gratis. Anak-anak sekolah juga mendapat makanan, transportasi, dan pakaian gratis. Beasiswa tersedia untuk siswa yang memenuhi syarat untuk studi di luar negeri atau di Universitas Qatar di Doha.

4 Fakta tentang Negara Qatar

1. Memiliki Maskapai Penerbangan Terbaik di Dunia

Pada 2017, Qatar Airways menjadi maskapai penerbangan terbaik di dunia atau World’s Best Airlines. Ini adalah penghargaan keempat yang diraihnya. Sebelumnya Qatar Airways mendapat penghargaan serupa 2011, 2012, dan 2015.

Nominasi ini diberikan Skytrax, perusahaan konsultan dari Inggris yang menilai maskapai penerbangan di dunia.

Qatar Airways merupakan maskapai penerbangan Qatar yang berdiri tahun 1993. Maskapai ini melayani lebih dari 150 rute penerbangan. Pelayanan yang bikin penumpangnya puas dan nyaman menjadi faktor kenapa Qatar Airways mendapat predikat terbaik.

Tahun 2017 lalu dilaporkan pendapatan yang diraih Qatar Airways mencapai 38 miliar riyal Qatar atau Rp 153 triliun.

2. Angka Pengangguran Terendah di Dunia

Predikat sebagai negara terkaya di dunia turut memengaruhi angka pengangguran di sana. Pada 2017, Qatar menekan angka pengangguran hingga 0,10 persen.

Qatar & Fakta-fakta Positif Negaranya
via floxie.com.ar

Di Qatar banyak tersedia lowongan pekerjaan. Bahkan, saking banyaknya, negara ini menerima pekerja dari negeri lain. Udah gitu perkembangan pariwisatanya yang pesat bikin peluang kerja di sana makin terbuka lebar.

Karena itu jangan heran kalau banyak pekerja asing yang berdatangan kesini demi memiliki pekerjaan.

3. Biaya Pendidikan, Listrik, dan Air Semuanya Gratis

Dalam education city tersebut, banyak universitas internasional berdiri. Mulai dari Virginia Commonwealth University, Weill Cornell Medical College, Texas A&M University, Carnegie Mellon University, Georgetown University School of Foreign Service, Northwestern University, Ecole des Hautes Etudes Commerciales de Paris, hingga University College London.

Selain itu, ada dua universitas milik Qatar, yaitu Qatar Faculty of Islamic Studies dan Hamad bin Khalifa University. Demi mendapat tenaga pengajar yang terbaik, Qatar mau memberi gaji besar kepada siapa saja yang mengajar di sana.

4. Tidak Ada Pajak

Qatar membebaskan pajak atas dividen, royalti, dan properti. Makanya negara ini masuk dalam daftar negara surga pajak di dunia. Sebagai gantinya, setiap orang Qatar yang bekerja mesti menyetorkan 5 persen dari penghasilan mereka buat jaminan sosial.

Inilah empat fakta tentang Qatar yang bikin kagum dengan negara terkaya di dunia ini. Selain karena kekayaan yang mereka punya, Qatar bisa maju karena rendahnya angka korupsi di sana. Dengan begitu, pembangunan benar-benar bisa optimal.

Referensi
moneysmart.id/negara-terkaya-di-dunia-ini-4-fakta-tentang-qatar/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel