Peluang Usaha Ojol / Ojek Online: Driver Gojek dan Grab

Maraknya perkembangan transportasi berbasis aplikasi jadi satu peluang tersendiri. Bukan hanya untuk pengguna saja, tapi peluang kerja dengan menjadi driver ojek online adalah sisi lain yang menarik dan berdampak terbukanya lapangan kerja baru.

Tapi, beberapa orang yang ingin bergabung menjadi driver transportasi online kadang bingung. Ini tentu beralasan, pasalnya, saat ini penyedia jasa layanan transportasi berbasis aplikasi online sangatlah beragam. Sebut saja setidaknya nama-nama seperti, GOJEK dan Grab yang notabene berasal dari Jakarta.

Bagi yang hendak mencoba peruntungan sebagai driver moda angkutan transportasi berbasis aplikasi online tersebut, artikel kali ini jangan sampai Anda lewatkan.

Diluar ketiga nama besar tersebut, sebenarnya juga ada nama-nama lain seperti misalnya, Blu-Jek, dan Ladyjek, yang mengkhususkan bagi segmen penumpang wanita, sesuai dengan namanya.

Banyaknya aplikasi transportasi online semacam ini, tentu sangat baik bagi siapa saja yang ingin mencari penghasilan tambahan sebagai pengemudi. Bagi yang masih rancu atau bingung, ulasan berikut ini akan membahas sistem pembayaran honor, untuk beberapa aplikasi transportasi online yang perlu untuk diketahui sebelum terjun ke bidang ini.

1. GOJEK


GOJEK menerapkan perhitungan bagi hasil 80-20, 80% untuk pengemudi dan 20% untuk penyedia layanan. Dengan tarif 3000 rupiah per km, maka kemungkinan seorang pengendara GOJEK mendapat Rp 2400/km, belum termasuk poin bonus yang bisa diuangkan. Poin ini berasal dari, setiap pekerjaan sesuai basis layanan yang ada dalam aplikasi, semisal GO Food, GO Send dan sejenisnya. Untuk lebih jelasnya simak tabel-tabel berikut.

Perhitungan Poin GO Jek Sesuai Wilayah

Jabodetabek
  • Rp. 40.000 = 20 Poin
  • Rp. 30.000 = 16 Poin
  • Rp. 25.000 = 14 Poin
  • Rp. 5.000  = 12 Poin

Luar Jabodetabek
  • Rp. 40.000 = 20 Poin
  • Rp. 30.000 = 16 Poin
  • Rp. 20.000 = 14 Poin

Diatas adalah perhitungan konversi antara jumlah poin yang mungkin didapat oleh seorang pengendara GOJEK. Perolehan poin yang akan dikonversi dengan rupiah didasarkan pada jenis layanan yang diorder pelanggan, area operasi dari pengendara itu sendiri, apakah berada di area Jabodetabek atau Non Jabodetabek, serta prasyarat lain sesuai dengan ketentuan penyedia aplikasi.

Dengan hadirnya Gojek, maka akan membuat Anda yang menginginkan penghasilan tambahan semakin terbuka lebar. Terlebih jika tempat tinggal Anda berada di daerah yang baru saja akan dimasuki oleh Gojek seperti misalnya Solo, Malang, Jember serta Samarinda. Berikut beberapa kelebihan bekerja sambilan dengan menjadi Driver Gojek.

Fleksibel

Ketika Anda memutuskan untuk menjadi driver Gojek maka waktu bekerja Anda tak akan terganggu. Misalnya Anda bekerja di pagi hari hingga sore hari maka selepas pulang dari bekerja Anda bisa menyambi menjadi driver Gojek. Bisa juga saat berangkat di pagi hari Anda mengambil orderan yang searah dengan kantor atau bekerja setengah hari pada saat hari libur Sabtu dan Minggu.

Penghasilan Baik

Karena sistem bagi hasil antara Gojek dengan pengemudinya adalah 80:20, 80 untuk driver dan 20 untuk Gojek. Maka asumsikan saja dalam sehari Anda mendapatkan penghasilan sebanyak 100 ribu, dikurangi dengan bagi hasil maka menjadi 80 ribu. Berarti dalam sebulan saja Anda akan mendapatkan Rp1.600.000. Jumlah tersebut dengan asumsi Anda mengambil libur pada hari Sabtu dan Minggu. Jika dalam dua hari tersebut Anda juga bekerja maka pendapatan Anda juga akan bertambah.

Brand Gojek

Sejak hadir pertama kali di Indonesia, Gojek telah mendapatkan tempat khusus di hati para masyarakat Indonesia. Hal ini juga ditambah dengan semakin maraknya Media yang mem-Blow Up Gojek ke permukaan. Dengan demikian maka Brand Gojek telah tertanam di hati masyarakat dengan sangat baik.

Dampaknya, ketika masyarakat membutuhkan layanan transportasi, kurir atau jasa Delivery Service, maka tanpa ragu lagi mereka akan memilih Gojek sebagai pilihan utama. Hal ini tentu akan membuat Anda yang berencana bekerja sambilan menjadi Driver Gojek dipastikan akan mendapatkan pelanggan setia.

Adanya Asuransi

Gojek tak hanya memberikan perlindungan asuransi hanya kepada penumpangnya saja, akan tetapi mereka juga memberikan layanan asuransi kepada semua drivernya. Dengan adanya asuransi yang diberikan ini maka Anda tak perlu khawatir mengenai keselamatan kerja Anda pada saat berkendara

Tips Sukses Menambah Penghasilan dari Gojek

4 Hal diatas merupakan keuntungan yang Anda dapatkan apabila bergabung menjadi Driver Gojek. Namun sebelum memutuskan untuk bergabung dengan Gojek berikut ini ada beberapa hal yang wajib Anda ketahui.

Jangan Tinggalkan Pekerjaan Utama Anda

Jika bergabung dengan Gojek, maka Anda disarankan untuk tidak meninggalkan pekerjaan utama Anda. Penghasilan yang ditawarkan memang begitu menggiurkan akan tetapi bila Anda menjadikan Gojek sebagai penghasilan utama tentu sangat berisiko. Lebih baik jadikan sebagai Side Job dari sumber penghasilan utama Anda.

Sediakan Smartphone

Gojek adalah layanan transportasi berbasis aplikasi ponsel dari Android atau iOS. Otomatis para Driver Gojek tentu wajib memiliki sebuah Smartphone. Bila Anda melamar menjadi driver Gojek akan tetapi tak memiliki Smartphone maka pihak Gojek akan memberikan Anda Smartphone kredit dan untuk pelunasannya akan dipotong dari penghasilan Anda. Tentu akan lebih baik jika Anda terlebih dahulu memiliki smartphone sebelum melakukan pendaftaran.

2. GRAB


Bagi seorang pengendara atau driver Grab, perhitungan pendapatan juga menggunakan sistem sharing. Dengan persentase bagi hasil 90-10, 90% untuk driver atau pengendara, dan 10% untuk penyedia layanan atau aplikasi.

Untuk sistem bonus Grab tidak menggunakan poin seperti GOJEK melainkan dengan sistem insentif, persentasenya berkisar 30%. Insentif ini diberikan bila seorang pengendara atau driver “narik” di waktu-waktu berikut ini:
  • Jam 00 sampai 23.59, di hari Senin
  • Jam 00.00 sampai 23.59, pada hari Selasa-Kamis
  • Jam 00.00 sampai 15.59, khusus hari Jum’at

Grab juga masih menyediakan tambahan bonus bagi hasil dengan skema “jauh-dekat”. Besaran persentasenya adalah, 10% untuk jarak dekat dan 15% untuk jarak jauh. Sebagai contoh, dalam sebuah perjalanan dari titik A ke titik B, tarifnya 150.000 ribu. Maka seorang pengendara Grab mengantongi 120.000, dan 30.000 sisanya masuk ke penyedia layanan.

Sama seperti Gojek, perusahaan asal negeri Jiran ini juga membuka kesempatan bagi siapa saja untuk bergabung dengan Grab. Untuk sementara waktu, Grab kini baru hadir di Jabodetabek, Bandung dan Bali. Akan tetapi, jumlah kota tersebut semakin meningkat. Grab umumnya memiliki 2 jenis layanan yang sangat potensial untuk dijadikan sarana memperoleh penghasilan tambahan, seperti layanan GrabBike serta GrabCar. Berikut beberapa kelebihan bergabung dengan GrabBike.

Waktu Fleksibel

Berdasarkan situs resmi Grab.com, disebutkan dengan jelas bahwa pengemudi bisa memilih waktu bekerja sesuai keinginan. Dengan demikian tentu Anda bisa menyesuaikan waktu kerja Anda dan juga waktu untuk Grab.

Penghasilan Baik

Sama halnya seperti Gojek, sudah banyak diberitakan bahwa penghasilan menjadi Driver Grab sangat menggiurkan. Menurut salah satu berita, seorang kepala kasir Mall kenamaan di Jakarta bahkan rela meninggalkan pekerjaan tersebut demi menjadi driver Grab. Hal tersebut tentu menunjukan jika potensi pendapatan menjadi Driver Grab sangatlah menjanjikan. Dengan didukung diperbolehkannya Anda menentukan waktu bekerja sendiri tentu bergabung dengan Grab akan lebih dari cukup untuk menambah penghasilan Anda.

Asuransi

GrabBike juga menegaskan jika keselamatan pengemudi dan penumpang adalah hal utama bagi mereka. Dengan demikian maka mereka memberikan jaminan asuransi kepada semua drivernya. Menurut informasi dari situs resmi milik mereka, asuransi kecelakaan bisa mencapai angka 68 juta rupiah untuk setiap orang. Kapan lagi Anda bisa mendapatkan pekerjaan sampingan dengan adanya jaminan asuransi yang demikian besar?

Bonus Kepada Driver

Grab juga sangat mengapresiasi para pengemudinya yang berprestasi. Ada dua macam penghargaan yang diberikan oleh Grab kepada pengemudinya yaitu Grab Elite serta Gold Card. Grab Elite diberikan kepada pengemudi yang berprestasi dan mampu mendapatkan rating yang bagus dari pengguna jasa. Para pemenang Grab Elite dikabarkan mendapat uang pensiun, Beasiswa untuk anak-anak serta sertifikat. Ada juga yang mendapat perjalanan umrah gratis serta mendapat cicilan sepeda motor dengan bunga rendah.

Grab Gold Driver memberikan penghargaan kepada para drivernya berupa cicilan rendah serta uang muka yang murah. Berbeda dengan Grab Elite, program Gold Driver ini merupakan sebuah kompetisi di mana Anda harus mendaftar dan menyelesaikan tantangan berupa target performa.

Secara garis besar, untuk masing-masing layanan ojek online, kesimpulannya adalah sebagai berikut:

GOJEK

Jumlah pengguna aplikasi banyak, dengan sistem poin yang bisa menguntungkan bagi siapa saja yang memang hendak menjadikannya sebagai pekerjaan utama.

GRAB

Dari segi poin tidak ada tapi masih ada sistem komisi, sehingga tentu perlu untuk mengejar lebih banyak jarak tempuh. Spesifikasi layanan hampir sama seperti GOJEK, seperti adanya Grab Express dan Grab Food. Dari beberapa sumber, pengguna menyukai aplikasi bawaan Grab karena jarang sekali bermasalah atau harus melakukan re login.

Pilih yang Sesuai dengan Kemampuan

Menjadi seorang pengendara transportasi online atau drivers berbasis aplikasi hari ini adalah salah satu peluang kerja yang cukup menjanjikan. Tekad dan kerja keras tidaklah cukup agar membuahkan hasil yang maksimal, Anda juga harus menyesuaikannya dengan kemampuan Anda. Jangan hanya tergoda dengan keuntungan-keuntungan yang akan didapat sehingga memaksakan diri dalam bekerja. Bekerjalah sesuai porsinya dan kebutuhannya.

Memilih pekerjaan sampingan sudah tak sulit lagi seperti beberapa tahun yang lalu. Buktinya 2 perusahaan transportasi online raksasa Gojek dan Grab mampu memberikan solusi bagi Anda yang membutuhkan penghasilan tambahan. Oleh karena itu, Anda juga berpeluang untuk mendapatkan berbagai macam bonus bahkan hingga asuransi. Belum lagi bonus yang berpotensi untuk Anda dapatkan bila memang berprestasi.

Terima kasih sudah membaca Peluang Usaha Ojek Online (Ojol): Driver Gojek dan Grab. SHARE ARTIKEL INI, agar teman-teman Anda juga mengetahuinya

Referensi:
https://www.gojek.com/
https://www.grab.com/id/
https://www.cermati.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel